Sunday, August 30, 2015

All About Syaiton



All About Syaiton
                Setan adalah makhluk yang Alloh jauhkan dari Rahmat-Nya. Azazil/Nail merupakan nama lain dari setan yang belum melakukan hal-hal yang dilaknat oleh Alloh swt.
Arrojim (penggalan kata yang ada dalam kalimat ta’udz) adalah yang dikutuk dilemparkan dari langit karena dilaknat dan tercela. Sedangkan Arrojim itu sendiri berarti kumpulan dari semua hukum.
Ada sebuah hikayat mengenai setan¸ yuk kita simak sejenak J
Abu Syah Al-Khorroj melihat iblis/setan saat ia bermimpi. Ia berkata ingin memukul tongkatnya kepada setan, lalu iblis itu menjawab : aku tak akan pernah takut dengan tongkatmu itu haha, tapi aku takut dengan cahaya arif dan manusia yang beriman (surah Ad-dzariat:40).
                Lalu adapula percakapan antara Nabi dan wa eton (setan laknatulloh), ini dia J
Nabi       : kenapa kamu selalu mencegahku untuk tholab dan berdo’a?
Setan    : itu karena mendadak telinga dan  mataku tidak bisa mendengar dan melihat.
Nabi       : kenapa juga kamu selalu mencegah umatku agar tidak membaca Al-Qur’an?
Setan    : karena jika ada yang membaca Al-Quran badanku menjadi lemas.
Nabi       : kenapa kamu selalu mencegah berangkatnya seseorang pada jihad fi sabilillah?
Setan    : jika mereka berangkat jihad, kakiku terasa diikat, lalu jika mereka berangkat haji aku merasa terikat semuanya.
( Hmmm pantesan suka males tuhhhh,,, setan tu selalu merayu dgn muslihatnya, dan tau gak gays dalam diri satu insan terdapat 40 setan, yang menggoda kita di belakang, samping dan depan, so hati-hati aja
).
                Tak hanya itu ada salah satu keterangan yang menyebutkan apabila kita ingin bersodaqoh seolah-olah menggergaji pada kepala setan ( yu ahh biasakan bersedekah biarpun sedikit yang penting ikhlas insyaAlloh jadi pahala J )
Hikayat dan dialog yang saya tulis merupakan penjelasan dari kalimat ta’udz sebelum masuk ke materi surat Al-fatihah (P3MQ :*), salah satu untuk menjaga diri kita dari bisikan setan yaitu dengan membacakan Ta’udz. Kalimat taudz merupakan wasilah, juga sebagai benteng untuk orang-orang yang takut dan cinta kepada Alloh swt, dan sebagai bentuk penyerahan diri untuk orang-orang yang meminta perlindungan-Nya.
Pertama yang diturunkan malaikat jibril kepada Nabi Muhammad saw  adalah kalimat isti’adah lalu bismillah dan dalil Alloh berupa surah Iqro yang 5 ayat. Kalimat a’udzu mengandung makna A’tasimu, Asta’jiru, Asta’inu dan astakhibu yang artinya aku berlindung , jadi tujuan ntuk mengutamakan pengharapan perlindungan, serta makna yang terkandung ada rasa optimisme akan di kabulkan.
Perkara yang akan mendorong setan / menjadikannya sebagai sobat setan yaitu:
Manusia yang memiliki sifat bakhil, rakus, hasud (dengki), sombong, dan ajalah. Jika sifat-sifat tersebut bergabung semuanya (ada pada dirikita) maka akan jadilah setan yang gagah (meski terlihat manusia namun yang mengontrol dirinya sendiri adalah setan). Naudzubillah tsmma naudzubillah ya.
Dalam khobar  menyebutkan setan laknatulloh setiap hari memegang dunia oleh kedua tangannya, yang akan menawarkan kepada urusan-urusan dunia yang tentunya madhorot bahkan menyusahkan dan tak akan membuat bahagia.  Ets jangan hawatir dunia ini pun sama dipegang oleh para malaikat Alloh , jadi pintar-memilih he.

Kata-kata hikmah dari Bani Khoroson saat ia belajar di irak , sampai-sampai ia mengatahui 4.000 hadits, kemudian gurunya berkata:
“kamu ingin kalimat hikmah yang akan menguatkan keimananmu? Ini dia “jika iblis mengganggu dan membelokan kamu untuk ta’at kepada Alloh, maka engkau jangan melayani itu setan anggap saja sebagai anjing gembala”.

0 comments:

Post a Comment