Wednesday, September 14, 2016

Benarkah Lobak raksassa tidak hanya ada dalam dongeng?

Benarkah Lobak raksassa tidak hanya ada dalam dongeng?
Apakah lobak itu?
                Lobak adalah salah satu jenis sayuran yang mirip dengan wortel. Lobak biasanya dipakai sebagai bahan pelengkap masakan jepang. Parutan lobak yang dicamour saus sewaktu memakan bistik atau hambung steak, dan selada dengan dressing parutan lobak merupakan contoh perpaduan makanan Barat dengan penyedap khas Jepang. Saus spaghetti yang dicampur mentaiko, tarako, natto, daun shiso atau umeboshi merupakan contoh makanan barat yang dinikmati bersama bahan makanan yang memiliki rasa yang sudah akrab dengan lidah orang Jepang. Bistik dengan parutan ;obak sebenarnya tidak bisa disebut sebagai makan jepang, melainkan bistik ala Jepang (waf sut ki).
Bagaimana cara menumbuhkan sayuran dan buah raksasa?
                 Untuk menghasilkan tanaman yang luar biasa, dapat digunakan teknik pertanian rumah kaca. Rumah kaca adalah sebuah bangunan tempat pembudayaan tanaman. Sebuah rumah kaca terbuat dari gelas atau plastik. Radiasi elekto magnetic yang datang dari matahari akan memanaskan tumbuhan, tanah, dan barang lainnya di dalam bangunan ini.
                Kaca yang digunakan berfungsi sebagai medium transmisi yang dapat memilih frekuensi spectral yang berbeda-beda. Efeknya adalah untuk menangkap energy di dalam rumah kaca yang memanaskan tumbuhan dan tanah di dalamnya yang juga memanaskan udara dekat tanah. Udara ini dicegah naik ke atas dan mengalir ke luar. Oleh karena itu rumah kaca bekerja dengan menangkap radiasi elektromaknetik dan mencegah konveksi.
                Rumah kaca sering digunakan untuk mengembangkan bunga, buah dan tanaman tembakau. Selain itu banyak sayuran dan bunga juga dikembangkan di rumah kaca. Biasanya rumah kaca digunakan pada akhir musim dingin atau awal musim semi. Tanaman akan segera dipindahkan ke luar apabila cuaca menjadi hangat.
                Ruangan yang tertutup membuat hama, penyakit, panas tinggi, irigasi, dan kelembaban bisa naik. Kompleks rumah kaca terbesar di dunia terletak di Leamington, Ontario (dekat tempat paling selatan di Kanada). Disini banyak dikembangkan tomat dalam gelas.
Selain menggunakan teknik rumah kaca para petani modern juga menggunakan teknik yang dikenal dengan nama teknik hidroponik. Hidroponik berasal dari bahasa latin yang artinya bertanam dengan air. hidroponik sebenarnya bukan teknik baru dalam pertanian. Hidroponik telah digunakan di Taman Gantung Babilona.
                Penggunaan teknik hidroponik dipelopori oleh W.F Gericke dari pusat penyelidikan pertanian California, Amerika Serikat, pada tahun 1937. Dalam hidroponik, medium tanaman yang digunakan bukan tanah melainkan air. nutrient yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh dan berkembang dilarutkan dalam air. sehingga tanaman hidroponik biasanya lebih bagus dari pada tanaman yang ditanam di tanah.
Benarkah tanaman dan buah raksasa bisa dihasilkan saat di tanam di air?
Contoh:
Tanaman/ buah : jeruk raksasa
Pemilik dan petani : Aham Shemoel
Data : 5.265 kg
Tempat penanaman : Kefar Zeitim, Israel

Data tanggal : 8 januari 2003

0 comments:

Post a Comment