Wednesday, October 7, 2015

DESIGN OF LEARNING

DESAIN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran               : Bhs Inggris
Kelas/Semester              : IX / 1

Standar Kompetensi  :  Mendengarkan
1. Memahami   makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

Kompetensi Dasar
Pertemuan Ke-
Kegiatan Pembelajaran
Tatap Muka
Tugas Tertsruktur
Tugas Mandiri
1.1     Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat
1
1.     Brainstorming bertanya dan menjawab tentang berbagai hal terkait tema topik yang akan dibicarakan.
1.     Membahas kosakata ( noun   phrase, verb phrase, adverb phrase) tata bahasa (kalimat sederhana tentang tawaran jasa, meminta sesuatu, informasi faktual, pendapat terkait  materi percakapan .
2.     Mendengarkan percakapan  yang memuat ungkapan-ungkapan dalam materi.
3.       Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan.
4.       Memberi respon lisan dan tulis terhadap ungkapan yang didengar.
Respond the following statement
Q: Let me help you
A:.......
Q: Can I have a bit?
A: ...........
Choose the right response
Q: Did you break the glass?
a. Yes, I did
b. I don’t know
c. I’m not sure
d. All right
Q: What do you think of my new dress
A:............












1.2        Mengutip untuk merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat
1
-   Memberi respons lisan Curah pendapat tentang hal-hal terkait topik/ungkapan yang akan dibahas
-    Membahas kosakata dan tata bahasa terkait topik / ungkapan yang dibahas
-         Mendengarkan percakapan memuat ungkapan terkait marteri
-    Tanya jawab tentang isi percakapan
-         Tanya jawab tentang fungsi dan makna ungkapan dalam percakapan


Write your response to the following statements:
1.  Would you go with me to the movie?
2.  I do agree with you to join the speech contest
3.  You have beautiful hair.

4. You passed your exams. Congratulations.

-        Students must make an invitation for their friend free theme


















Standar Kompetensi  : Berbicara
1.    Mengungkap kan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

Kompetensi Dasar
Pertemuan Ke-
Kegiatan Pembelajaran
Tatap Muka
Tugas Tertsruktur
Tugas Mandiri
            3.1. Melatih untuk mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat
     3.2 Memahami dan merespon percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: mengundang, menerima dan menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji, dan memberi selamat

2
1.       Review kosakata dan ungkapan-ungkapan terkait materi dan tema
2.       Tanya jawab menggunakan ungkapan-ungkapan tersebut
3.       Bermain peran melakukan percakapan yang disediakan guru
4.       Bermain peran melakukan percakapan berdasarkan situasi /gambar yang disediakan
5.       Menggunakan ungkapan yang telah dipelajari dalam real life situatio



1.       Review kosakata terkait tema, topik sebelumnya
2.       Memperkenalkan kosakata baru / ungkapan-ungkapan yang akan dibahas
3.       Tanya jawab menggunakan ungkapan-ungkapan terkait materi
4.       Menirukan percakapan yang diucapkan guru
5.       Melakukan percakapan yang diberikan
6.       Melakukan tanya jawab menggunakan ungkapan





Create a dialogue based on the role cards and perform it in front of the class.







Create a dialogue based on the role cards and perform it in front of the class.






Make a conversation about invitation and opinion that bring a familiar picture














   Standar Kompetensi  : Membaca       
5.       Memahami makna teks tulis fungsional  dan esei pendek sederhana  berbentuk descriptive dan recount  yang berkaitan dengan lingkungan sekitar


Kompetensi Dasar
Pertemuan Ke-
Kegiatan Pembelajaran
Tatap Muka
Tugas Tertsruktur
Tugas Mandiri
    5.1 Membaca nyaring bermakna teks tulis fungsional dan  esei berbentuk descriptive dan recount  pendek dan sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
5.2 Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingungan sekitar
5.3 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima  yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recoun
3  & 5
-Brain storming tentang berbagai hal terkait teks fungsional pendek berbentuk “undangan”
- Mendengarkan undangan yang dibacakan oleh guru/teman
- membaca nyaring teks fungsioanl pendek tentang undangan
- menjawab pertanyaan tentang isi teks fungsional pendek “undangan”
- Menyebutkan tujuan komunikatif teks fungsional pendek “undangan”
- Menjwab pertanyaan tentang ciri kebahasaan teks fungsional pendek “undangan”

- Tanya jawab berbagai hal terkait tema/topik bacaan
- Review kosakata dan tatabahasa terkait jenis teks descriptive/recount
- Membaca teks descriptive/recount
- Menjawab pertanyaan tentang informasi yang terdapat dalam teks
- Menjawab pertanyaan tentang tujuan komunikatif tdan langkah retorika teks descriptive/recount
- Menyebutkan ciri-ciri kebahasaan teks yang dibaca
-        Membaca nyaring dan bermakna TEK descriptive/recount
Read the the text aloud and clearly.




Answer the  following questions based on the text




Read the text aloud.


-     











Choose the best option based on the text.

0 comments:

Post a Comment