DESAIN PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Bhs Inggris
Standar Kompetensi
: Mendengarkan
1. Memahami
makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar
Kompetensi Dasar
|
Pertemuan Ke-
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Tatap Muka
|
Tugas Tertsruktur
|
Tugas Mandiri
|
||
1.1
Merespon makna yang terdapat dalam percakapan
transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak
tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang,
mengakui, mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat
|
1
|
1.
Brainstorming bertanya dan menjawab tentang berbagai hal terkait tema topik yang akan
dibicarakan.
1.
Membahas kosakata ( noun phrase, verb phrase, adverb phrase)
tata bahasa (kalimat sederhana tentang tawaran jasa, meminta sesuatu,
informasi faktual, pendapat terkait materi
percakapan .
2.
Mendengarkan percakapan yang
memuat ungkapan-ungkapan dalam materi.
3.
Menjawab pertanyaan tentang isi
percakapan.
4.
Memberi respon lisan dan tulis
terhadap ungkapan yang didengar.
|
Respond the following statement
Q: Let me help you
A:.......
Q: Can I have a bit?
A: ...........
Choose the right response
Q: Did you break the glass?
a. Yes, I did
b. I don’t know
c. I’m not sure
d. All right
Q: What do you think of my new dress
A:............
|
|
1.2
Mengutip untuk merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi)
sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak
jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, dan
meminta dan memberi pendapat
|
1
|
-
Memberi
respons lisan Curah pendapat tentang hal-hal terkait topik/ungkapan yang akan
dibahas
-
Membahas
kosakata dan tata bahasa terkait topik / ungkapan yang dibahas
-
Mendengarkan
percakapan memuat ungkapan terkait marteri
-
Tanya
jawab tentang isi percakapan
-
Tanya
jawab tentang fungsi dan makna ungkapan dalam percakapan
|
Write your
response to the following statements:
1. Would you go with me to the movie?
2. I do agree with you to
join the speech contest
3. You have beautiful hair.
4. You passed your exams. Congratulations.
|
-
Students must make an invitation for
their friend free theme
|
Standar Kompetensi
: Berbicara
1.
Mengungkap kan makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi
dengan lingkungan sekitar
Kompetensi Dasar
|
Pertemuan Ke-
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Tatap Muka
|
Tugas Tertsruktur
|
Tugas Mandiri
|
||
3.1.
Melatih untuk mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur:
meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui,
mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat
3.2 Memahami dan merespon percakapan
transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: mengundang, menerima dan
menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji, dan memberi selamat
|
2
|
1.
Review kosakata dan
ungkapan-ungkapan terkait materi dan tema
2.
Tanya jawab menggunakan ungkapan-ungkapan tersebut
3.
Bermain peran melakukan percakapan yang disediakan guru
4.
Bermain peran melakukan percakapan berdasarkan situasi
/gambar yang disediakan
5.
Menggunakan ungkapan yang telah dipelajari dalam real
life situatio
1.
Review kosakata terkait tema, topik sebelumnya
2.
Memperkenalkan kosakata baru / ungkapan-ungkapan yang
akan dibahas
3.
Tanya jawab menggunakan ungkapan-ungkapan terkait
materi
4.
Menirukan percakapan yang diucapkan guru
5.
Melakukan percakapan yang diberikan
6.
Melakukan tanya jawab menggunakan ungkapan
|
Create a dialogue based on the role cards and perform
it in front of the class.
Create a dialogue based on the role cards and perform
it in front of the class.
|
Make a
conversation about invitation and opinion that bring a familiar picture
|
Standar Kompetensi : Membaca
5.
Memahami makna
teks tulis fungsional dan esei pendek
sederhana berbentuk descriptive dan
recount yang berkaitan dengan
lingkungan sekitar
Kompetensi Dasar
|
Pertemuan Ke-
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Tatap Muka
|
Tugas Tertsruktur
|
Tugas Mandiri
|
||
5.1 Membaca nyaring bermakna
teks tulis fungsional dan esei
berbentuk descriptive dan recount
pendek dan sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang
berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
5.2 Merespon makna dalam teks tulis
fungsional pendek sederhana secara akurat lancar dan berterima yang berkaitan
dengan lingungan sekitar
5.3 Merespon makna dan langkah retorika
dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
dalam teks berbentuk descriptive dan recoun
|
3 & 5
|
-Brain storming
tentang berbagai hal terkait teks fungsional pendek berbentuk “undangan”
- Mendengarkan
undangan yang dibacakan oleh guru/teman
- membaca
nyaring teks fungsioanl pendek tentang undangan
- menjawab
pertanyaan tentang isi teks fungsional pendek “undangan”
- Menyebutkan
tujuan komunikatif teks fungsional pendek “undangan”
- Menjwab
pertanyaan tentang ciri kebahasaan teks fungsional pendek “undangan”
- Tanya
jawab berbagai hal terkait tema/topik bacaan
- Review
kosakata dan tatabahasa terkait jenis teks descriptive/recount
- Membaca
teks descriptive/recount
- Menjawab
pertanyaan tentang informasi yang terdapat dalam teks
- Menjawab
pertanyaan tentang tujuan komunikatif tdan langkah retorika teks
descriptive/recount
- Menyebutkan
ciri-ciri kebahasaan teks yang dibaca
- Membaca nyaring dan bermakna TEK
descriptive/recount
|
Read the the text aloud and clearly.
Answer the following
questions based on the text
Read the text aloud.
-
|
Choose
the best option based on the text.
|
0 comments:
Post a Comment