Saturday, April 16, 2016

Bulan Rojab

Setiap kali memasuki Rajab, ada sebuah doa yang sangat sering dibaca atau didawamkan oleh kaum muslimim yang menandakan kian dekatnya ke bulan agung bulan benuh ampunan dan pahala yaitu bulan ramadhan oleh karena itu mari setiap usai shalat kita bacakan Doa Rajab semoga alloh SWT menyampaikan usia kita ke bulan Puasa Ramadhan. Doa tersebut adalah :
ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺑﺎﺭﻙ ﻟﻨﺎ ﻓﻲ ﺭﺟﺐ ﻭﺷﻌﺒﺎﻥ ﻭﺑﻠﻐﻨﺎ ﺭﻣﻀﺎﻥ
“Ya Alloh berkahilah kami dibulan Rajab dan Sya’ban dan sampaikanlah kami kepada Bulan Ramadhan”
Bulan Rajab ini termasuk salah satu bulan yang diagungkan oleh Alloh SWT disebut syahrullah (bulan Allah) oleh karena itu dengan keistimewaan dan keutamaan bulan rajab mari kita sambut bulan rajab dengan meningkatkan ibadah baik, ibadah maghdhah maupun ibadah ghoir maghdhah karena dibulan rajab, sa'ban dan ramadahan pahala dilipatgandakan.
Shaum / Puasa di bulan Rajab hukumnya adalah sunnah. Bagi Anda yang menjalankan tentu akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Sementara yang tidak berpuasa pada bulan Rajab tidak akan mendapat apa-apa. Meskipun hukumnya sunnah, Allah SWT sudah menyiapkan pahala yang sangat besar bagi orang yang melaksanakannya.
Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari maka laksana ia puasa
selama sebulan, bila puasa7hari maka ditutuplah untuknya 7pintu neraka jahanam.
Bila puasa8hari maka dibukakan untuknya 8 pintusurga. Dan bila puasa10 hari maka Allah akan
mengabulkan semua permintaannya.” HR. At-Thabrani
Berikutadalah beberapa keutamaan bulan rajab dan keistimewaan puasa rajab
1. Hendaklah kamu memuliakan bulan Rajab, niscaya Allah memuliakan kamu dengan seribu kemuliaan di hari Qiamat.
2. Kelebihan bulan Rajab dari segalabulan ialah seperti kelebihan Al-Quran keatas semua kalam (perkataan).
3. Puasa ( Shaum ) sehari dalam bulan Rajab seumpama puasa empat puluhtahun dan diberiminum air dari syurga.
4. Bulan Rajab Syahrullah (bulan Allah), diampunkan dosa orang-orang yang meminta ampun dan bertaubat kepada-Nya. Puasa dalam bulan Rajab, wajib bagi yang ber puasaitua.Diampunkan dosa-dosanya yang lalu. Dipelihara Allah umurnya yang tinggal.Terlepas daripada dahaga di akhirat.
5. Puasa pada awal Rajab, pertengahannya dan pada akhirnya, sepertipuasa sebulanpahalanya.

6. Siapa bersedekahdalam bulan Rajab, seperti bersedekah seribu dinar,dituliskan kepadanya pada setiaphelai buluroma jasadnya seribukebajikan, diangkat seribu derjat, dihapusseribu kejahatan – “Dan barang siapaberpuasa pada tgl 27Rajab/ Isra Mi’raj akan mendapat pahala seperti 5 tahun berpuasa.” 

0 comments:

Post a Comment