Sunday, April 17, 2016

Kebesaran Anugrah Allah

                

Alloh Swt sebagai kholiq yang telah menciptakan segala sesuatu dengan sempurna baik yang ada di Langit ataupun yang ada di Bumi. Semua itu diciptakan untuk kepentingan semua makhluq, betapa mengagumkannya ciptaan Alloh dengan segala isinya, kita sebagai makhluq yang diciptakan dengan sebaik baik bentuk, pada asalnya kita semua dalam keaadaan lemah tidak bisa berjalan,tidak bisa bicara, tidak bisa berfikir  yang ada hannya menangis, Bumi dengan segala isinya yang lengkap harus mampu dimanfaatkan oleh manusia, berdasarkan tersebut diatas maka Alloh Swt telah menciptakan yang diberikan kepada kita berupa penglihatan, pendengaran dan hati agar manusia bisa menciptakan, mengolah dan menghasilkan sesuatu yang berguna demi kepentingan umat.
Alloh Swt dalam menciptakan sesuatu selalu berpasangan mari kita berfikir dan menilai diri sendiri, apa yang telah kita perbuat atas pemberian Alloh Swt berupa anugrah keni’matan yang kita meliki,  jika menghintung ni’mat pemebrian dari Alloh Swt, manusia tidak akan mampu menghitung ni’mat tersebut sekalipun menggunakan alat canggih; diantara ciptaan Alloh yang sangat mengagumkan, adalah;
1.      1.  Dalam Pasangan hidup; Alloh menciptakan laki laki dan perempuan, ada bapak ada ibu, ada orang       tua ada anak, ada yang tampan ada yang cantik.
2.      2. Dalam anugrah rasa; Alloh Swt menciptakan berbagai rasa dan selera, ada rasa manis ada rasa pahit,     ada rasa asin ada rasa hambar semua rasa tersebut ada di dalam lidah kita.
3.    3.  Dalam peredaran waktu; Allah Swt menciptakan waktu siang dan waktu malam, yang masing             masing waktu memiliki fungsi yang sangat luar biasa untuk digunakan oleh manusia.Waktu adalah    pedang, siapa yang pandai menggunakan waktu maka akan selamat di dunia dan akherat, tapi      sebaliknya pasti akan celaka di dunia dan akherat.
4.   4.  Dalam proses kehidupan Allah telah memberi anugrah kepada kita, ada yang kaya dan ada yang           miskin, jika seandainya di dunia ini semua orang kaya, kemungkinan tidak akan ada orang yang         mau membantu kita untuk menyelesdaikan pekerjaan kita, dan sebaliknya.
5. 5. Dalam melaksanakan tugas; Alloh memberikan kepada kita anugrah berupa hamparan bumi yang  telah tersedia berbagai komoditi yang ada didalam bumi, sehingga ada pimpinan ada bawahan, ada  bos ada pekerja, semua itu diberikan kepada kita, agar manusia bisa melangsungkan kehidupan di  dunia.
6.  6. Dalam fungsi dan kegunaan tubuh; Alloh memberikan kepada kita berupa otak dan hati, mata dohir  dan mata bathin, penciptaan ini berpasangan ada yang dikiri dan kanan, telinga sebagai alat    pendengar  selalu berpasangan ada di kiri dan kanan, begitu juga tangan dan kaki, kemudian jari  jarinya selalu berpasangan, betapa indahnya semua itu dan masing memiliki pungsi yang sangat    penting pemberian ini wajib kita jaga dengan baik.
7  7.  Dalam aktipitas kehidupan; ada waktu sibuk, ada waktu luang, ada waktu bekerja dan ada waktu     istirahat.
8. 8.  Dalam ketenaran kehidupan. Ada pejabat ada rakyat, ada guru guru ada murid, ada kiyai ada santri,  ada pegawai pemerintah, ada pegawai sewasta, ada artis ada aktor,ada pedagang ada pembeli, ada  grosir ada pengecer, ada pengguna ada pemakai, ada doctor ada pasen, ada bidan, ada suster, ada  polisi ada tentara semua diciptakan dan digunakan dalam tatanan kehidupan.
9    9.   Dalam penciptaan tempat dan kemanfaatanya ;ada langit ada bumi, ada daratan ada lautan, ada           sungai ada selokan, ada danau ada kolam, ada air asin dan ada air tawar,  ada penyakit pasti ada           obat, ada racun pasti ada penawar, ada susu ada kopi, air putih pasti ada air, semua itu diberikan    kepada kita sehingga kita bias menggunakan semua pemberian dari Alloh dengan penuh rasa syukur   yang mendala.
1  10 Dengan adanya dua tempat yang dihuni makhluk, sehingga memberikan kemapuan untuk               kemanfaatan manusia, sehingga ada yang mampu menciptakan alat transportasi yang cocok untuk di darat dan yang tepat untuk diangkasa, dan yang pas untuk di lautan.
1 11. Dalam proses kehidupan ; ada sehat ada sakit, ada kuat ada lemah, ada gigi pasti tanggal alias     ompong, kulit kencang pasti keriput, ada muda pasti tua, ada bujang ada perawan, ada hidup pasti mati, ada syurga ada neraka. Wallohu’alam .
1 12.   Gunakanlah waktu dan kesempatan dengan sebaik baiknya, agar kita selamat di dunia dan akherat,    sebagai pedoman bagi kita ada sebuah hadist yang perlu kita pahamni dan kerjakan dalam setiap          saat. Gunakan  5 perkara sebelum datang  5 perkara
“ Masa muda sebelum datang masa tua (pikun), masa sehat sebelum datang masa sakit, masa kaya        sebelum masa miskin, masa luang sebelum datang masa sibuk, masa hidup sebelum datang       kematianmu (HR. Al hakim ).

Itulah ni’mat yang telah diturunkan Allah Swt  kepada kita semuga kita bisa berbakti hannya kepada Allah Swt sang pencipta dengan sempurna. Semoga menjadi motivasi bagi kita, kita hidup hannya sesaat dan tidak kekal , kekurangan material di dunia bisa  minta bantuan kepada orang lain, tapi kehidupan yang ke 2 nanti tidak bisa meminta bantuan  kepada orang lain masing masing mempertanggungjawabkan diri masing masing.

0 comments:

Post a Comment