Friday, April 1, 2016

HIDUP SEHAT ITU INDAH

Sebelumnya, saya mohon maaf, kenapa harus menulis ini agar generasi muda, mulai dari tingkat SD, SMP / MTS atau MA/MU maupun mahasiswa, memahami betul betapa pentinghnya hidup sehat. Dengan sehat jasmani dan Rohani kita bisa melakukan aktipitas yang kita inginkan. Para pelajar setiap hari pergi kesekolah , para santri bisa pergi kepesantren, para pekerja bisa melaksanakan tugas dengan baik, baik pegawai swasta ataupun PNS, Para petani bisa bercocok tanam disawah atau di kebun untuk memenuhi kebutuhabn para konsumen, para kiyai bisa memberikan ilmu yang hakiki bagi para santrinya, para guru dan Dosen bisa mendidik murid dan mahasiswanya, hidup sehat segala aktipitas bisa dilaksanakan tepat waktu.
Sebelum menulis kiat hidup sehat, penulis mohon maaf yang tak terhingga, apabila ada yang tersinggung dengan kata kata saya ini, bukan maksud mencemoohkan tau menghilangkan identitas yang anda miliki, mengapa harus mengambil pola hidup sehat, pengalaman ini merupakan salah satu penyebab harus berhenti dari kegiatan ini.
pada tanggal 5 desember 1987, saya mulai belajar merokok dan minum kopi, pada tahuntersebut merupakan pengalaman yang menyenagkan, selain merokok bisa juga minum kopi, ni'mat rasanya !!!
harga roikok ketika itu hannya RP 500,per batang. Kegiatan tersebut berlangsung samapai tahun 1999.
Kenapa saya harus berhenti merokok?
1. Belum punya pekerjaan tetap dan menyusahkan orang lain
2. tubuh dan anggota tubuh sudah mulai terasa ketika melakukan pisik pada jam 10 s/d 12 siang, dalam jangka waktu tiga puluh menit sudah tidak mampu lagi, nafas terasa sesaak, perut mual mau muntah, sehingga kegiatan berolahraga terutama bermain volley ball, tidak bisa bekembang.
3. Ketika bangun tidur tangan bagian bawah berkeringat.
4. Perut terasa mual mau muntah, perih sering batuk sehingga dalam sebulan hampir 6 kali sakit.
5. Kegiatan yang lain untuk mencari ekonomi terganggu
 dari pengalaman tersebut, ahirnya pada tanggal 5 juli 1999 saya harus berhenti merokok. Karena harus menjaga pemberian dari yang maha kuasa, ketika berhenti merokok tidak mudah berhenti total, mengalami beberapa fase; diantaranya;
1. Berhenti merokok hanya bisa tahan sampai tiga bulan saja, tepatnya tanggal 5 september 1999, kemudian merokok lagi ahirnya kambuh lagi dan sering ke dokter.
2. Berhenti merokok tahap ini9 hannya berlangsung enam bulan mulai dari 6 september 1999 s/d 10 maret 2000.
3. Berhenti merokok pada tahap ke 3 pada tanggal 11 maret s/d sekarang berhenti total, dan akhirnya jarang pergi ke dokter untuk berobat, kini terasa nyaman dengan kondisi ini, agar tidak menular kepada keluarga saya menceritakan pengalaman ini kepada anak anak saya, supaya jangan mengalami apa yang telah terjadi. dan ahirnya semua keluarga tidak merokok.
Berdasarkan pengalaman tersebut ahirnya dapat disimpulkan bahwa salah satu pnyebab datangnya penyakit diakibatkan oleh tingkah laku kita sendiri.
lakukan tip ini setiap ada kesempatan,  agar didalam tubuh kita terdapat jiwa kuat dan sehat
1. Berdoa'lah sebelum melakukan aktipitas sehari hari.
2. Ketika bangun tidur Minumlah sehari 8 gelas air putih
3. Berolahraga setiap hari, agar tubuh sehat, dan bersolatlah setiap hari agar agar bisa mengolah rasa terhadap sesama.
4. Kurangi mengkonsumsi makanan saji cepat, dan berlebihan bumbu.
5. Keluarga harus menyiapkan makanan bagi anak untuk bekal kesekolah, agar tidak mengkonsumsi makanan yang bmengandung fdormalin dan zat pewarna yang berbahaya.
6. kurangi merokok kalau tidak bisa berhenti total
7. berdoa'alah setiap kita akan makan dan minum agar sehat lahir dan bathin
8. Jangan melakukan kencing sambil berdiri, karena akan mengganggu ginjal kita.

Semoga bermanfaat !!!!!!!!!



0 comments:

Post a Comment